Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Kintamani, Wisata di Bali yang Menunjukkan Keindahan Alam Pegunungannya

  
 
 

    Lokasi Tempat wisata Kintamani yang letaknya di dataran tinggi menawarkan estetika alam dengan nuansa cuaca teduh. Tempat wisata Kintamani selain udaranya yang sangat segar terdapat objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

    Kintamani merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Bangli, yang memiliki berjenis-jenis daerah wisata dan spot petualangan. Tempat wisata dan spot petualangan di Kintamani ini cukup terkenal, dipandang dari jenis pengunjung yang datang, tidak cuma berasal dari Indonesia sendiri, melainkan juga yang berasal dari mancanegara.

    Kawasan Kintamani kira-kira 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar. Dicapai dengan jarak 68 kilometer dari denpasar atau kuta. Kintamani memiliki panorama wilayah pegunungan yang berada di ketinggian 1.500 m dari permukaan laut.

Objek wisata kintamani didominasi oleh wisata alam. Tetapi Kintamani juga punya wisata tradisi, sejarah, dan pun museum Sains tingkat Dunia.

    1. Museum Vulkanologi Kintamani

    Museum yang diresmikan pada 1 April 2016 ini menampilkan koleksi yang merepresentasikan tiga pilar geopark. Yakni keanekaragaman hayati (biodiversity), keanekaragaman geologi (geodiversity), dan keanekaragaman wujud kebiasaan (cultural diversity).

    Museum Geopark Batur memiliki 2 lantai. Lantai pertama terdapat lobby utama dengan ruangan yang menyuguhkan keragaman geologi. Di ruang lobby utama, pengunjung dapat menyaksikan diorama Gunung Batur. Diorama yang disampaikan berupa miniatur Gunung Batur beserta Danau Batur yang berbentuk segi empat berukuran 2,5 x 2 meter.

    Di lantai 2 terdapat ruangan keanekaragaman hayati, keragaman kebiasaan, serta ruangan aula. Pada ruang aula, Anda dapat menyaksikan berbagai film edukasi mengenai gunung api dan geopark.

    Geopark Batur memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh geopark lainnya, ialah Gunung Batur memiliki dua kaldera. Yang istimewa ialah di dalam kaldera I terwujud kaldera II. Pada kaldera II juga terdapat sebuah danau yang berbentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer dan diketahui sebagai Danau Batur.

    Demikian review kami mengenai 9 lokasi tamasya Kintamani Bali ini. Semoga tulisan ini berkhasiat bagi anda untuk memilih alternative objek tamasya yang berada di kintamani bali ini.

    2. Pura Ulun Danu Batur

    Pura Ulun Danu Batur letaknya tidak tepat di pinggiran danau seperti Pura Ulun Danu di Beratan. Melainkan dari pura tamasya kintamani ini bahkan pengunjung masih dapat melihat indahnya danau batur dan gunung batur sekaligus. Pura ini berada di sebelah utara dari kintamani penelokan, berlokasi di desa kalanganyar kecamatan kintamani bangli.

    Dulunya pura ini berlokasi di lereng barat kekuatan gunung batur namun setelah petaka gunung batur meletus di tahun 1917 mengakibatkan areal pura itu hancur. Melainkan masih ada satu buah pelinggih yang konsisten berdiri kokoh membumbung sampai kini.

    Pengunjung dengan atensi apda  dengan objek-objek tamasya seni arsitektur bernilai sejarah akan merasa bersuka cita berada di tamasya kintamani berupa pura tempat suci umat hindu bali ini.

    3. Penelokan Kintamani

    Kekuatan tarik tempat wisata kintamani ini memiliki energi tarik view alam gunung Batur dengan danau nya. Berada pada ketinggian 1500 mdpl pemandangan ini dapat dilihat dari jalan Raya Penelokan sebelah selatan desa Batur Tengah Kecamatan Kintamani.

    Dari Penelokan pengunjung dapat merasakan suguhan pemandangan alam berupa Gunung dan Danau Batur. Oleh karena itu tidak heran kalau sebagian besar wisatawan akan menjalankan kesibukan foto dengan latar Gunung dan Danau Batur tersebut.

    Salah satu energi tarik yang membikin para petualang dan urban adventurer memilih destinasi dan spot petualangan wisata kintamani ini ialah fasilitasnya yang cukup komplit. Mulai dari kamar kecil bersih, hingga cafe yang memberi tahu makan khas di sana, membikin mereka betah di sini.

    4. Gunung Batur

    Gunung Batur ialah sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani. Berlokasi di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km. Pematang kaldera tingginya diperkirakan antara 1267 m – 2152 m (puncak G. Abang).

    Konon katanya berdasarkan cerita dalam Lontar Susana Bali, gunung kintamani ini ialah puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Sang Batara Pasupati untuik diciptakan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danau).

    Gunung Batur umumnya sering digunakan sebagai tempat hiking untuk para pendaki, yang berharap menikmati dan melihat keindahan matahari terbitnya di ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut. Demikian pula dengan hamparan bebatuan hitam bekas letusan di liburan kintamani ini, benar-benar benar-benar menarik diciptakan lokasi pemotretan foto pre wedding.

    5. Danau Batur

    Danau Batur ini terletak di Desa Penelokan Utara berjarak 10 km atau 25 menit menurun dari Penelokan atas yang biasa menjadi daerah liburan kintamani bali atau stop point-makan siang. Berada di lereng Gunung Batur danau ini berbentuk bulan sabit bila di lihat dari ketinggian.

    Danau ini sebetulnya  Kaldera aktif danau batur. Danau ini yakni kaldera aktif yang terindah di dunia, dengan luasan menempuh 16,6 kilometer persegi. Danau Batur Kintamani yakni danau terbesar yang ada di pulau Bali dan danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

    Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke kintamani pastinya hanya bisa memandang pemandangan danau dari ketinggian atau dari restoran yang berada di desa penelokan. Melainkan ada juga wisatawan asing ataupun lokal yang ingin berkeliling di tengah danau Batur dengan menyewa perahu, pemotretan foto pre wedding atau mengunjungi desa trunyan.

    6. Desa Trunyan

    Desa Trunyan yaitu salah satu destinasi wisata kintamani yang benar-benar unik. Desa trunyan yaitu sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli pulau Bali yang umum disebut dari “Bali Aga” dengan aspek keunikan kulturnya.

    Arti dari nama  Desa Trunyan  sediri dibagi menjadi dua kata yaitu “Taru” dan “Menyan”. Taru yaitu “Pohon” atau Tumbuhan kehidupan meskipun Menyan yaitu ”wangi-wangian”.  Jadi, arti kata Trunyan yaitu wangi-wangian yang harum yang keluar dari pohon menyan.

    Keunik dari Desa ini yaitu metode penguburan mayatnya yang sama sekali tak dikubur namun hanya di baringkan atau diletakkan di bawah pohon besar bernama taru menyan. Di Wisata kintamani Desa trunyan ini ada 3 tempat prosesi penguburan menurut tiga ragam kematian yang berbeda. Kematian secara wajar, tak wajar dan penguburan bayi dan anak kecil.


Posting Komentar untuk "

Wisata Kintamani, Wisata di Bali yang Menunjukkan Keindahan Alam Pegunungannya

"